PUSKESMASKU AKAN JADI BLUD

Posted on

mikroskopKemarin gudang obat di puskesmas saya di periksa auditor independent untuk melakukan stock opname, alhamdulillah semuanya cocok. Jumlah fisik obat, kartu steling dan LPLPO cocok semua. Sebenarnya pemeriksaan ini merupakan rangkaian pemeriksaan laporan keuangan puskesmas kami yang akan BLUD. Ya, sudah hampir satu tahun manajemen puskesmas saya “sibuk” menyiapkan untuk BLUD, seluruh staff pun terkena imbasnya ikut bersibuk-sibuk ria. Tapi apa sih sebenarnya BLUD, apa gunanya BLUD?

BLUD

BLUD atau Badan Layanan Umum Daerah adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Unit Kerja pada SKPD di lingkungan pemda yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Kemandirian Puskesmas

Untuk mencapai prinsip efisiensi dan produktivitas, maka puskesmas dengan status BLUD diberikan kemandirian dalam operasionalnya, baik dari segi pengelolaan keuangan, pengadaan barang, perbekalan farmasi, dan lainnya. Dengan diberikan keleluasaan dalam mengelola puskesmas, diharapkan puskesmas dengan status BLUD dapat bersaing dengan institusi pelayanan kesehatan swasta.

Fleksibilitas Pengelolaan Keuangan

Pola pengelolaan keuangan puskesmas dengan status BLUD diberikan fleksibilitas/keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat dan dikecualikan dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya. Nah dengan keleluasaan ini diharapkan dapat memotong birokrasi keuangan seperti keharusan memasukkan pendapatan ke kas daerah, dan prosedur keuangan lainnya.

Implikasi BLUD di Puskesmas

Layaknya pepatah mengatakan ada hak, tentu ada kewajiban. Maka segala kemudahan yang diberikan BLUD juga membawa kewajiban-kewajiban yang juga harus dikerjakan oleh puskesmas. Fleksibilitas pengelolaan keuangan disertai dengan adanya pengawasan yang dapat langsung dilakukan pada puskesmas. audit-audit dari institusi pemerintah atau auditor independent yang merupakan rekanan auditor pemerintah.

Akhirnya semoga dengan status  BLUD ini puskesmas dapat lebih meningkatkan kinerjanya baik dari kecepatan layanan0 kualitas layanan, serta profesionalitas pegawai. Semoga bermanfaat bagi semua (HWB)

One thought on “PUSKESMASKU AKAN JADI BLUD

    […] PUSKESMASKU AKAN JADI BLUD. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s