LABORATORIUM PUSKESMAS MENGHADAPI BPJS KESEHATAN

Posted on Updated on

bpjs_jknDi penghujung tahun 2013 lalu saya mengikuti lokakarya mini (lokmin) di tempat kerja saya, salah satu hasilnya adalah saya selaku Pranata Laboratorium Kesehatan (Analis Kesehatan) diharapkan untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemeriksaan laboratorium untuk menghadapi BPJS di tahun 2014.

Waktu itu saya bingung, karena waktu itu kami memang masih “buta” mengenai BPJS. Termasuk didalamnya apa saja pemeriksaan laboratorium yang wajib diadakan selaku pelayanan kesehatan primer (Puskesmas). Beberapa waktu kemudian akhirnya pimpinan saya memberikan informasi tentang apa saja pemeriksaan laboratorium yang wajib disediakan oleh Puskesmas, berikut ini adalah pemeriksaannya:

Pemeriksaan Penunjang Diagnostik Laboratorium Tingkat Pertama:

1. Pemeriksaan Darah Sederhana

Hemoglobin, apusan darah tepi, trombosit, lekosit, hematokrit, eusinofil, eritrosit, golongan darah, laju endap darah, dan malaria

2. Urine Sederhana

Warna, berat jenis, kejernihan, pH, lekosit, dan eritrosit.

3. Feses sederhana

Benzidine test, mikroskopis cacing

4. Gula darah sewaktu

Pemeriksaan laboratorium lainnya

Nah, hal ini yang membingungkan. Ada beberapa pemeriksaan laboratorium lainnya yang tidak tersebut namun dibutuhkan untuk menegakkan diagnosa dari 144 jenis penyakit yang wajib dilayani oleh Puskesmas. Misalnya pemeriksaan BTA untuk tuberkulosis paru tanpa komplikasi,  PP test untuk pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan protein urine dan reduksi urine untuk kehamilan normal, WIDAL untuk demam tifoid dan lainnya.

Kesemuanya tentunya akan akan kembali kepada pranata labkes  bagaimana melakukan komunikasi kepada pimpinan untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan laboratorium di Puskesmas.

Semoga bermanfaat bagi semua (HWB).

2 thoughts on “LABORATORIUM PUSKESMAS MENGHADAPI BPJS KESEHATAN

    Erwin Januar said:
    April 12, 2016 at 5:52 pm

    itu aturan yang mengatur Pemeriksaan Penunjang Diagnostik Laboratorium Tingkat Pertama ada dimana ya? aturan atau Undang-undang nya dong…

    Thanks ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s