SUDAH SIAPKAH GUDANG OBAT ANDA?

Posted on Updated on

header_MOPada posting terdahulu (Sudah Baikkah Tata Kelola Perbekalan Farmasi Puskesmas Kita?) saya telah menuliskan bahwa gudang obat merupakan bagian yang sangat menentukan kualitas sediaan farmasi yang kita berikan pada pasien. Namun apakah gudang obat kita telah dapat menjamin kualitas sediaan farmasi yag disimpan didalamnya?.

Apa sajakah yang perlu disiapkan agar gudang obat kita siap menyimpan perbekalan dengan baik? Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh farmasis dalam menyiapkan gudang obatnya masing-masing (diambil dari Pedoman “Pelatihan Pengelolaan Persediaan Obat” yang diterbitkan oleh WHO Indonesia th 2011).

Keamanan GudangFoto0531

Seperti yang telah diketahui bahwa menyimpan persediaan di gudang berguna untuk memudahkan kita untuk selalu mengetahui persediaan yang ada dan menyimpan persediaan yang ada. Oleh karena itu, ditahap awal kita harus menentukan ruangan di Puskesmas yang dijadikan gudang haruslah aman. Usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan kunci ganda dan menjaga agar pintu selalu dalam keadaan tertutup jika tidak digunakan.

Keadaan Gudang Harus Selalu Baik

Suhu ruangan, sinar matahari, dan kelembapan merupakan hal harus diperhatikan agar keadaan gudang selalu baik. Bagaimana menjaganya, antara lain adalah: (1) Selalu perbaiki setiap adanya kerusakan gudang, (2) Selalu usahakan ruangan gudang mempunyai plafon, buka pintu dan jendela bila gudang digunakan, dan usahakan ada ventilasi di ruang gudang. (3) Jangan sampai sinar matahari yang masuk langsung mengenai sediaan, lakukan blocking dengan mencat kaca atau dengan memasang tirai, (4) Jangan sampai ada air menggenang, perbaiki setiap ada kebocoran, dan pastikan ventilasi lancar.

Gudang Selalu Bersih dan Teratur

Kebersihan gudang amat baik untuk menjaga kualitas sediaan dan kenyamanan bekerja, sedangkan keteraturan amat membantu kita dalam menemukan sediaan yang dicari. Usaha yang dilakukan adalah dengan selalu membersihkan setiap kotoran yang ada, pastikan setiap label yang ada tidak tertutup debu,  selalu gunakan rak untuk menyimpan dan mengatur persediaan, simpan obat narkotika dan psikotropika dalam lemari tersendiri dan terkunci.

Semoga para farmasis (khususnya di Puskesmas) dapat selalu menjaga kualitas gudang obatnya sehingga dapat menjamin kualitas sediaan yang dikelola. Semoga bermanfaat bagi semua (HWB).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s