ANALIS KESEHATAN LEBIH MAJU, PASTI ITU….

Posted on Updated on

mikroskopIseng membuka beranda akun facebook saya, di grup PATELKI Pusat, seorang rekan analis kesehatan memberikan tautan tentang interprestasi data klinis yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI tahun 2011. Karena menurut saya perlu, maka saya pun mengunduh tautan dalam bentuk PDF tersebut.

Mencoba membaca halaman demi halaman, sedikit heran karena diterbitkan oleh Dirjen Pelayanan Kefarmasian, membuka halaman-halaman berikutnya daftar isi buku ini menyebutkan bahwa yang akan dibahas dalam buku ini adalah data laboratorium (tentunya laboratorium kesehatan), kemudian tertulis panitia penyusun buku tersebut semuanya mempunyai gelar Apt.

Pemacu Untuk Lebih Maju

Profesi apoteker memang berkaitaan dengan  laboratorium kesehatan, sehingga profesi ini memandang perlu untuk membahas lebih lanjut tentang pemeriksaan laboratorium yang muaranya adalah pemilihan obat bagi pasien. Hal ini menjadi pemacu bagi profesi Analis Kesehatan AKA Teknisi Laboratorium Medik untuk melangkah lebih maju. Hal ini tidak dapat hanya dilakukan oleh satu pihak, namun seluruh komponen di dalam profrsi Analis Kesehatan harus berperan. Organisasi Profesi Analis Kesehatan dalam hal ini PATELKI telah berusaha memberikan pondasi profesi analis kesehatan, seperti menggagas jenjang kependidikan analis kesehatan, nomenklatur profesi analis kesehatan, dan lainnya.

Buku Standar Analis Kesehatan

Profesi kesehatan lain seperti dokter atau pun apoteker mungkin lebih banyak mempunyai buku standar bagi profesinya masing-masing seperti buku Standar Kompetens Dokter Indonesia (SKDI),  Standar Kompetensi Apoteker, atau buku yang saya bahas di atas yaitu Pedoman Interprestasi Data Klinis ataupun standar-standar lainnya. Semoga dikemudian hari banyak buku standar bagi profesi Analis Kesehatan sehingga kita tidak “menumpang” buku untuk mendapatkan pengetahuan tentang profesi kita sendiri.

Semoga tekad PATELKI “Menuju Kemandirian Profesi 2017” dapat terlaksana. Semoga bermanfaat bagi semua (HWB).s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s