ANTIALERGI YANG KUCARI TERNYATA CETIRIZIN

Posted on Updated on

Foto0726Pagi ini suara handphone ku berdering, ketika diangkat ternyata rekan satu pengajianku bertanya tentang merk obat tertentu inciXXX itu untuk apa, alias punya indikasi apa?

Terkadang orang awam memang menganggap bahwa semua farmasis tuh tau semua merk obat, padahal untuk farmasis seperti saya yang bekerja di puskesmas lebih banyak menangani obat generik kurang banyak hafal merk obat paten. Tidak ingin mengecewakan rekaan saya, maka saya googling sebentar ke situs farmasi langganan yang kerap membantu saya kalo lagi “mentok”. Ditambah dengan informasi dari beberapa situs lainnya, mulailah saya melakukan PIO dadakan kepada sang rekan.

Usut punya usut ternyata obat yang dicari adalah cetirizin, kalo ini mah ada di gudang obat puskesmas saya, sedikit banyak saya sudah kenalan juga dengan ni obat. Mulai sedikit demi sedikit informasi keluar dari mulut saya untuk menjelaskan bahwa obat ini adalah obat anti alergi, utamanya alergi pada hidung dan alergi kulit seperti urtikaria (biduran/kaligata), seperti beberapa obat alergi lainnya, obat ini dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga dilarang mengendarai kendaraan jika minum obat ini.

Namun ada beberapa informasi teknis yang tidak saya sampaikan, seperti cara kerjanya menghambat pelepasan histamin pada fase awal alergi, saya juga luput memberikan informasi bahwa obat ini tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester awal, ibu menyusui karena obat ini dapat diekskresikan melalui air susu.

Semoga dapat membantu saya, rekan saya tadi, dan pembaca. (HWB).

Leave a Reply

