MISKIN ATAU KAYA SAMA SAJA?

Posted on Updated on

masjid_otherBerikut ini adalah ringkasan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, MA.

Seandainya manusia diberi pilihan menjadi orang miskin atau kaya, kira-kira kebanyakan orang akan memilih menjadi orang kaya, padahal kekayaan itu belum tentu baik untuk dia baik dunia atau di akhirat.

Tapi sayangnya kita tidak beri pilihan, kita hanya diperintahkan untuk berusaha dan ikhtiar, hasilnya terserah Allah. Kaya dan miskin sama saja, sama sajakah? Orang miskin punya kelebihan, orang kaya punya kelebihan.

Kelebihan Orang Miskin

Apa kelebihannya orang miskin, ada di hadits berikut:

”Kata nabi, orang miskin masuk ke surga sebelum orang kaya setengah hari” (HR: Imam Tirmidzi, hadits hasan shahih). Setengah hari di akhirat adalah 500 tahun hitungan waktu di dunia.

Orang miskin masuk surga lebih dahulu dari orang kaya, karena orang miskin tidak banyak ditanya oleh Allah, sedangkan orang kaya hartanya banyak, pertanyaanpun banyak, setiap rupiah akan ditanya, berbeda dengan orang miskin.

Kelebihan Orang Kaya

Orang kaya pahalanya lebih banyak dari orang miskin, orang kaya dapat shalat sebagaimana orang miskin, mereka dapat puasa seperti orang miskin, dan orang kaya dapat bersedekah, berhaji, umrah, kurban dan zakat dengan harta yang mereka miliki.

Jadi orang kaya dan miskin sama saja, orang miskin punya kelebihan, orang kaya juga punya kelebihan. Namun masing-masing juga punya ranjau-ranjau dalam kehidupannya.

Ranjau Orang Kaya

Orang kaya bisa jadi mencari kekayaannya dengan cara-cara yang haram dan mengorbankan prinsip-prinsip agama. Ranjau lainnya adalah sombong, memandang sebelah mata kepada orang miskin. Ranjau orang kaya lainnya adalah banyak juga yang tidak menunaikan zakat, serta ranjau-ranjau lainnya.

Ranjau Orang Miskin

Orang miskin ada yang merendahkan martabatnya untuk minta-minta tanpa ada kebutuhannya, orang yang suka minta-minta maka di hari kiamat akan datang dengan muka tanpa dagingnya, dalam keadaan tengkorak. Ranjau lainnya untuk orang miskin adalah tidak ridho terhadap takdir Allah, ranjau lainnya adalah iri dan dengki terhadap orang kaya.

Kesimpulannya, orang miskin sama saja dengan orang kaya, mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadilah orang kaya yang bersyukur kepada Allah, atau jadilah orang miskin yang bersabar.

Semoga bermanfaat bagi semua (HWB)

One thought on “MISKIN ATAU KAYA SAMA SAJA?

    anonim said:
    November 15, 2013 at 7:14 am

    lagi postingnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s