AKUPUN TAK SANGGUP

Posted on Updated on

sepedaHari ini tanggal 14 Dzulhijjah 1434 H yang bertepatan dengan 19 Oktober 2013 yang berarti esok adalah batas terakhir bayar listrik bulan ini. Ba’da ashar ku tekadkan keluar rumah untuk membayar listrik di loket terdekat (di depan SMAN 16).

Selesai membayar listrik, ku kembali ke rumah melewati SMAN 16, beberapa anak sekolah masih duduk-duduk karena memang waktunya  pulang sekolah. Ketika baru melalui serombongan siswi SMA, terlihat sebuah sepeda ontel dengan 2 karung kosong di kanan kiri sepeda, diatasnya sadel kulihat sebuah tas tergeletak. Tak jauh kulihat seorang siswa SMA namun berbaju kaos oblong (saya dapat mengenali bahwa dia siswa SMA karena masih mengenakan celana seragam dan bersepatu) tengah mengambil gelas bekas kemasan air minum disamping SMA tersebut.

Sedikit terkejut saya, karena terus terang baru kali ini saya temui seorang siswa SMA bersekolah membawa sepeda ontel di ibukota propinsi Lampung, bukan hanya karena sepeda ontelnya saja, namun dengan 2 buah karung di sisi kanan dan kiri yang berisi bekas kemasan air minum. Dan bukan hanya karena itu saja, yang saya lihat adalah seorang siswa SMA, seorang yang sedang beranjak remaja, sedang senang-senangnya bergaul dengan teman sebaya, sedang ingin tampil trendi, sedang punya gengsi tinggi karena ingin punya teman wanita.

Jikalah hal itu terjadi kepada saya dimasa saya SMA, jujur saya katakan “aku tak sanggup“. Hanya orang bermental baja yang dapat melakukan hal itu.

Sungguh paradoks dengan berita-berita yang beredar, dimana banyak pengemis yang tetap ingin mengemis walaupun ditawari pekerjaan yang halal. Dimana orang rela berdesak-desakan untuk meminta “jatah” daging kurban (tak tahu apakah memang haknya atau bukan).

Padahal Rasulullah bersabda “Tidaklah seorang (hamba) memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Daud ‘Alaihis salam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri).” HR Al-Bukhari (No. 1966).

Semoga bermanfaat bagi semua (HWB).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s