TENAGA FUNGSIONAL PRANATA LABORATORIUM KESEHATAN

Posted on Updated on

labBagi sebagian kita pasti sudah mengetahui sedikit tentang laboratorium kesehatan, namun belum banyak mengetahui siapa yang bekerja didalamnya. Sebagian oranag mungkin mengatakan dokter, sebagian lainnya mengatakan perawat, atau bidan.

Analis kesehatan merupakan orang yang mempunyai andil besar dari keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan. Secara resmi, pemerintah menyebutnya sebagai Pranata Laboratorium Kesehatan (PLK).

Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), landasan hukum tenaga fungsional Pranata Laboratorium Kesehatan (PLK) adalah PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR : PER/08/M.PAN/3/2006. Di peraturan ini disebutkan bahwa Pranata Laboratorium Kesehatan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan laboratorium kesehatan, pada laboratorium kesehatan.

Tugas pokok Pranata Laboratorium Kesehatan adalah melaksanakan tugas pelayanan laboratorium kesehatan meliputi bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunoserologi, toksikologi, kimia lingkungan, patologi anatomi (histopatologi, sitopatologi, histokimia, imunopatologi, patologi molekuler), biologi dan fisika. (HWB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s